Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2011, 10:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (24/3/2011) pagi, melemah 3 poin sehingga nilai tukar rupiah pagi ini turun menjadi Rp 8.721 dibanding hari sebelumnya Rp 8.718.

Pengamat valas Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Kamis, mengatakan, sebagian besar pasar uang Asia melemah. Termasuk nilai tukar rupiah ditutup melemah pada pagi ini kendati sebagian bursa Asia ditutup dalam posisi positif termasuk Indeks BEI. "Sentimen pasar Asia tampaknya masih turun-naik atau berfluktuasi," katanya.

Ia menambahkan, perkembangan di Jepang jelas akan memengaruhi pergerakan pasar valas Asia, termasuk rupiah. Kendati demikian, pergerakan rupiah juga sangat tergantung pada faktor eksternal, yaitu modal asing yang masuk ke Indonesia.

Ia mengatakan, masuknya modal asing ke pasar Indonesia masih menjadi faktor utama nilai tukar rupiah menguat. Pada jangka menengah rupiah masih mempunyai ruang penguatan.

"Dalam jangka pendek ini investor global belum melakukan perubahan portofolio. Hal ini mendorong potensi penguatan rupiah dalam jangka menengah selama tidak ada perubahan fundamental ekonomi Indonesia yang berarti akibat dari bencana di Jepang," katanya.

Saat ini investor asing lebih memilih Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Utang Negara (SUN) karena risiko relatif lebih terukur, sedangkan harga saham Indonesia sudah dianggap cukup tinggi dengan sentimen risiko yang lebih rentan.

Ia memperkirakan perdagangan pasar uang hari ini, rupiah akan relatif stabil dengan kecenderungan sedikit melemah, dengan kisaran Rp 8.720 sampai Rp 8.730 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com